Kamis, 19 Maret 2015

Mengurangi nafsu makan

CARA MENGURANGI NAFSU MAKAN 

1. Atur porsi makan
Mengatur porsi makan sangatlah penting, bila anda setiap harinya selalu makan dalam porsi banyak maka sekarang kurangi porsi tersebut.

2. Konsumsi air mineral
Cara ini lumayan efektif mengurangi nafsu makan. Anda bisa mengkonsumsi air paling tidak 1–2 gelas sebelum makan, hal ini akan membuat perut anda terasa kenyang sebelum porsi makan habis. Namun mungkin energi tubuh anda akan cepat habis lalu mulai lapar lagi. Nah cara mengatasinya cukup dengan mengkonsumsi makanan penunda lapar.

3. Jangan telat makan
Anda tentu pernah mengalami masa lapar yang amat, dan ketika anda makan pasti porsinya dalam jumlah besar dengan tujuan supaya perut anda kenyang. Jelas sekali bahwa telat makan bisa membuat nafsu makan anda tak teratur, maka dari itu pastikan anda tak telat makan.

4. Konsumsi sayur dan buah
Anda juga bisa mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air serta serat sebelum makan. Kandungan air dalam buah akan memberikan efek kenyang sebelum anda menghabiskan porsi makan. Disamping itu tentunya sayur dan buah mengandung vitamin yang bermanfaar untuk kesehatan.

5. Makan perlahan
Bagi anda yang suka terburu-buru dalam mengunyah makanan sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini. Makan cepat ini bisa membuat anda tak sadar bahwa sudah berapa banyak porsi makan yang anda habiskan. Selain itu juga tak baik untuk pencernaan, jadi makanlah perlahan.

6. Sarapan
Ketika anda sarapan pilihlah menu makanan yang mengandung protein tinggi dan kaya akan serat karena kandungan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga membuat anda tak mudah lapar.

7. Konsumsi makanan yang mengandung lemak baik
Lemak yang baik bisa anda temukan dalam beberapa makanan seperti buah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun murni dll. Para ahli mengatakan bahwa asam oleic atau lemak baik bisa memicu usus halus memproduksi oleoylethanolamide yakni zat yang bisa memberikan pesan ke otak bahwa perut sudah kenyang. 

8. Makanan penekan nafsu makan
Tahukah anda bahwa sebenarnya ada beberapa makanan yang dapat menekan nafsu makan anda. Beberapa makanan tersebut yakni seperti buah pisang, apel, alpukat, oeatmeal, kopi, salad, air putih, dan masih banyak lagi. Jadi silahkan konsumsi beberapa makanan tersebut saat nafsu makan berlebih anda muncul.

9. Makanan penunda lapar
Seperti point nomor 3 diatas yang menyebutkan jangan telat makan,sebaiknya anda mengkonsumsi makanan penunda lapar saat anda merasa lapar di jam tanggung. Tentu cara ini dapat menhindarkan anda dari rasa lapar berlebihan. Beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan untuk menunda rasa lapar diantaranya yakni susu, teh manis, pisang, roti, biskuit, dan masih banyak lagi.

Mungkin hanya 9 cara mengurangi nafsu makan secara alami tersebut yang dapat saya berikan. Sebenarnya masih ada beberapa lagi, salah satu contohnya yakni mengkombinasikan berbagai makanan yang dapat memberikan energi. Namun jika anda menerapkan cara diatas dengan sungguh-sungguh pasti nafsu makan anda dapat terkendali.

9 komentar: